Manfaat Minum Susu


Ada lebih dari 100.000 jenis molekul yang berbeda yang ditemukan dalam susu, yang pada intinya terdiri dari air, karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin. Dari penelitian Hjartaker seorang peneliti Norwegia menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi susu 3 gelas susu atau lebih sehari sejak masih anak-anak sampai dewasa maka ternyata mengurangi resiko kanker payudara pada usia 34-39 tahun.

Demikian juga Elwood, seorang peneliti dari Universitas Ulster Irlandia menyatakan bahwa mengkonsumsi susu dapat menurunkan resiko stroke dan penyakit jantung bagi pria. Demikian pula resiko hipertensi dua kali lebih tinggi pada pria yang tidak meminum susu dari pada yang mengkonsumsi susu.

Hal ini karena susu banyak mengandung potasium (kalium) yang cukup tinggi yang berfungi menjaga elastisitas pembuluh darah saat tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Demikian pula susu mengandung protein tingkat tinggi yang hanya ada dalam susu yaitu kasein yang dapat menetralisir dan mengikat racun dan logam berat.

Tidak heran bila terjadi keracunan akibat logam berat atau zat kimia maka dianjurkan untuk minum susu, atau bila sering berkontak dengan zat kimia atau logam berat maka sebaiknya secara teratur sebaiknya minum susu, khususnya susu segar. Dalam serum susu (whey) terdapat alfa-laktalbumin, beta-laktoglobulin dan laktoferin yang berfungsi mencegah kanker.

Demikian pula dalam susu terdapat berbagai macam komponen lainnya seperti yodium, seng dan lesitin yang meningkatkan efisiensi kerja otak besar; besi, tembaga dan vitamin A untuk kecantikan kulit, magnesium untuk menyehatkan otot jantung (mencegah kelelahan); seng untuk menyembuhkan luka cepat; kalsium untuk kekuatan, mencegah patah tulang, pertumbuhan tulang, dan mencegah osteoporosis.

Susu sapi segar juga mengandung cukup banyak vitamin B2 yang meningkatkan ketajaman penglihatan. Dalam susu juga mengandung hormon melatonin yang dapat membuat manusia tidur nyenyak sehingga sel tubuh benar-benar istirahat untuk membantu dalam proses recovery sel.

Hal yang sebenarnya hanya karena ketakutan semata adalah adanya lemak jenuh dalam susu sebanyak 60 - 65 %, tetapi hal ini tak perlu dijadikan alasan untuk tidak minum susu karena persentase lemak dalam susu hanya kurang lebih 3%,

itupun sebenarnya lemaknya 1/3 (sepertiga) atau kurang lebih 35% dari asam lemak yang dikandungnya adalah merupakan lemak monounsaturated fatty acid (MUFA), merupakan lemak zaitun yang justru sangat baik bagi kesehatan jantung.

Manfaat susu dapat dilihat dari dua segi yaitu (1) manfaat biologis yang memiliki nilai tinggi karena kandungan gizi dalam susu dan asam aminonya lengkap. Laktosa merupakan salah satu karbohidrat dalam susu yang berfungsi sebagai sumber tenaga dan membantu penyerapan mineral kalsium dan fosfor untuk membantu dalam pembentukan tulang.

Kalsium menetralisis asam dalam mulut sehingga tidak memicu kerusakan gigi. Susu merupakan sumber asam lemak yang mengandung Conjungated Linoleic Acid (CLA), asam butirat dan spingomielin yang bersifat mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Protein dalam susu dapat membantu pertahanan substansi tubuh, yaitu enzim, hormon dan antibodi. Lemak susu menghasilkan energi serta vitamin A, D, E dan K yang larut dalam lemak susu dan merupakan sumber Vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang dapat menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi serta mengandung mineral-mineral.

(2) Manfaat Ekonomis, yaitu karena selain dapat diminum sebagai susu segar setelah dilakukan pasteurisasi, juga dapat digunakan sebagai bahan baku produk-produk olahan susu seperti susu fermentasi (yogurt dan kefir), es krim, permen, dodol susu, keju, mentega, dan kerupuk susu (Susilorini dan Sawitri, 2006).

Jadi tak mungkin Allah SWT memberi kita minuman dari hewan ternak yaitu dari jenis mamalia yang dinyatakan-Nya bersih kalau mendatangkan kemudaratan bagi manusia. Saya sangat yakin bahwa minum susu segar sangat bermanfaat bagi kesehatan, apalagi selama ini sudah banyak sekali kajian tentang manfaat minum susu segar.

ASI memang adalah minuman terbaik untuk bayi manusia, tetapi kita tidak boleh lupa bahwa yang perlu minum susu bukan cuma bayi, dan susu ternak diperuntukkan untuk semua umur mulai dari bayi, anak, remaja, orang dewasa dan orang tua, tanpa kenal jenis kelamin, ras atau bangsa, siapapun juga. Oleh sebab itu seorang pakar persusuan mengatakan bahwa kalau mau sehat, minumlah susu; dan kalau mau cantik mandilah susu.